Minggu, 19 Agustus 2012

KARYA ILMIAH MANFAAT TANAMAN LIDAH BUAYA

KARYA ILMIAH
“MANFAAT TANAMAN LIDAH BUAYA”
D
I
S
U
S
U
N
OLEH     :
NAMA         : NUR ASNI HASBULLAH
KELAS          : X.3
SEKOLAH     : SMA NEGERI 5 PAREPARE




KATA PENGANTAR
            Puji syukur atas Kehadirat Allah SWT karena atas karunia dan rahmatNya-Lah kita masih diberikan kesempatan dan kesehatan sehingga karya ilmiah yang berjudul ”MANFAAT TANAMAN LIDAH BUAYA” ini dapat terselesaikan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu diajukan sebagai tugas biologi yang diberikan kepada penulis.
            Karya ilmiah ini memuat tentang kandungan dan manfaat yang dimiliki oleh tanaman lidah buaya.
            Penulis sangat berterima kasih kepada guru pembimbing penulis yaitu selaku guru bidang studi Biologi yang telah membimbing dan memberikan arahan kepada penulis sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan dengan baik.
            Penulis menyadari bahwa penulisan ini masih jauh dari kesempurnaan karena kesempurnaan hanyalah milik Allah semata. Oleh karena itu, kritik dan saran dari setiap pembaca demi penyempurnaan penulisan karya ilmiah ini.

                       


Parepare, 27 Agustus 2012


Penulis






DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL     ……………………………………………………………………………………………………….        i
KATA PENGANTAR   ……………………………………………………………………………………………………….        ii
DAFTAR ISI               ……………………………………………………………………………………………………….       iii
BAB I PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG          ……………………………………………………………………………….         1
B.      TUJUAN PENELITIAN      ……………………………………………………………………………….         1
C.      VARIABEL                       ………………………………………………………………………………..        2
D.     PERMASALAHAN            ……………………………………………………………………………….         2
E.      RUMUSAN MASALAH     ……………………………………………………………………………...         2
BAB II PEMBAHASAN
A.      LIDAH BUAYA (ALOE VERA)    ………………………………………………………………………..       3
B.      KANDUNGAN YANG DIMILIKI TANAMAN LIDAH BUAYA (ALOE VERA)    ………..       3    
C.      MANFAAT YANG DIMILIKI TANAMAN LIDAH BUAYA (ALOE VERA)   ………………       4    
BAB III PENUTUP
A.      KESIMPULAN         …………………………………………………………………………………………        6
B.      SARAN                   ………………………………………………………………………………………….       6
DAFTAR PUSTAKA    …………………………………………………………………………………………………………      7








MANFAAT TANAMAN LIDAH BUAYA
BAB I
PENDAHULUAN
A.                 LATAR BELAKANG
Lidah Buaya atau Aloe Vera yang berasal dari bahasa latin Aloe barbadensis Milleer adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.
Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
B.                  TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dari penelitian ini yaitu salah satunya untuk mengetahui kandungan lidah buaya dan manfaat yang dimilikinya.


C.                  VARIABEL  
Variabel Tetap : Tanaman Lidah Buaya
D.                 PERMASALAHAN
1.      Apa saja kandungan yang dimiliki tanaman lidah buaya ?
2.      Bagaimana manfaat tanaman lidah buaya bagi kesehatan ?
3.      Apakah tanaman lidah buaya memiliki manfaat selain untuk kesehatan ?
4.      Mengapa tanaman lidah buaya dapat memiliki banyak manfaat ?
E.                  RUMUSAN MASALAH
Dari beberapa permasalahan diatas dapat dirumuskan suatu masalah yaitu Apa saja kandungan yang dimiliki tanaman lidah buaya dan apa manfaat tanaman lidah buaya ?









BAB II
PEMBAHASAN
A.                 LIDAH BUAYA (ALOE VERA)
            Lidah Buaya atau Aloe vera merupakan sejenis tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika. Tamanan Lidah Buaya ini telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa.
Fakta sejarah yang ada menyebutkan bahwa Bangsa Mesir kuno telah mengetahui manfaat lidah buaya sebagai tanaman kesehatan sejak tahun 1500 SM. Karena manfaat lidah buaya yang begitu luar biasa, bangsa Mesir kuno menyebut tanaman lidah buaya sebagai tanaman keabadian. Tidak hanya itu, seorang dokter dari zaman Yunani kuno yang bernama Dioscordes, menyebutkan jika salah satu manfaat lidah buaya yakni memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. 
Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar, lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, dan penderita HIV/AIDS. Di negara-negara Amerika, Australia, dan Eropa, saat ini lidah buaya juga telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman kesehatan.
B.                  KANDUNGAN YANG DIMILIKI TANAMAN LIDAH BUAYA (ALOE VERA)
            Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta,  sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.
            Menurut seorang pengamat makanan kesehatan, Dr. Freddy Wilmana, MFPM, Sp.FK, dari sekitar 200 jenis tanaman lidah buaya yang baik digunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis miller. Lidah buaya jenis ini mengandung 72 zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antara 72 zat yang dibutuhkan tubuh itu terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik. Selain itu Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, dan mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim.
C.                  MANFAAT YANG DIMILIKI TANAMAN LIDAH BUAYA (ALOE VERA)
Mengingat kandungan lengkap yang dimiliki Aloevera Barbadensis miller, menurut Dr. Freddy bukan cuma berguna menjaga kesehatan, tapi juga mengatasi berbagai penyakit. Misalnya mampu menurunkan gula darah pada diabetesi yang tidak tergantung insulin, dalam waktu sepuluh hari gula darah bisa normal.
Mengandung Antioksidan, menurut Dr. Freddy, beberapa unsure herbal mineral yang terkandung dalam lidah buaya ini juga ada yang berfungsi sebagai pembentuk antioksidan alami. Misalnya vitamin C, vitamin E, dan zinc. “Bahkan hasil penelitian yang dilakukan ilmuwan asal Amerika Serikat menyebutkan bahwa dalam Aloevera barbadensis miller terdapat beberapa zat yang bisa berfungsi sebagai antioksidan,” ujarnya. Antioksidan itu berguna untuk mencegah penuaan dini, serangan jantung, dan beberapa penyakit degeneratif. Lidah buaya untuk natural herbal bersifat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Dalam lendir lidah buaya yang digunakan terkandung zat lignin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit. Lendir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Hasilnya, kulit tidak cepat kering dan terlihat awet muda. Selain wasir, lidah buaya bisa mengatasi bengkak sendi pada lutut, batuk, dan luka. Lidah buaya juga membantu mengatasi sembelit atau sulit buang air besar karena lendirnya bersifat pahit dan mengandung laktasit sehingga merupakan pencahar yang baik. Sejauh ini, menurut Dr. Freddy, penelitian belum menemukan efek samping penggunaan lidah buaya. Jika ada masalah, itu hanya berupa alergi pada mereka yang belum pernah mengonsumsi lidah buaya.
Manfaat lidah buaya ternyata sangat banyak. Selama ini mungkin kita hanya mengenal lidah buaya sebagai tanaman yang tumbuh di pekarangan rumah dan jarang kita manfaatkan. Namun ternyata, dari hasil berbagai penelitian diketahui khasiat lidah buaya ternyata sangat banyak. Sejak dahulu, manfaat lidah buaya sering kali dipakai sebagai shampo untuk keramas oleh masyarakat Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa Manfaat lidah buaya yang tumbuh di daerah tropis ini memiliki kandungan sekitar 75 jenis zat bermanfaat dan lebih dari 200 senyawa yang dapat digunakan dalam pengobatan herbal. Dengan kandungan yang demikian hebat, manfaat tanaman lidah buaya tidak hanya sebagai bahan shampo untuk keramas, namun juga bermanfaat sebagai tanaman herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Selain berguna bagi kesehatan tanaman lidah buaya atau aloe vera juga berguna untuk perawatan kulit seperti menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. Serta selain itu tanaman lidah buaya atau aloe vera memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan misalnya lignin bermanfaat untuk menjaga kelembutan kulit dan menjadikan kulit lebih cantik, glikoprotein berperan dalam menghasilkan rambut yang lembut dan indah serta antrakuinon dan asam amino yang bermanfaat dalam regenerasi sel kulit.
Namun, yang perlu diingat, menurut Dr. Freddy sifat tanaman lidah buaya hampir mirip dengan buah apel yang bila habis digigit langsung berwarna cokelat. Hal itu bisa menjadi tanda lidah buaya telah teroksidasi sehingga beberapa zat yang dikandungnya rusak.








BAB III
PENUTUP
A.     KESIMPULAN :
Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan :
·         Tanaman Lidah Buaya atau Aloe Vera memiliki kandungan yaitu suatu senyawa organik aloe emodin, 72 zat yang dibutuhkan tubuh, 18 macam asam amino diantaranya karbohidrat, lemak, dan air serta zat golongan dan mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, dan mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim.
·         Tanaman Lidah Buaya atau Aloe Vera memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga bermanfaat bagi penyakit misalnya mampu menurunkan gula darah pada diabetesi yang tidak tergantung insulin.
·         Tanaman Lidah Buaya atau Aloe Vera juga bermanfaat bagi perawatan kulit dan perawatan kecantikan.
·         Tanaman Lidah Buaya atau Aloe Vera juga dapat digunakan untuk menyuburkan rambut.

B.      SARAN :
            Dari hasil penelitian diatas kita dapat mengetahui kandungan serta manfaat yang dimiliki tanaman lidah buaya. Dengan mengetahui manfaat tanaman lidah buaya kita dapat memanfaatkannya baik untuk kesehatan, perawatan kulit, kecantikan dan lain seebagainya. Akan tetapi dalam pemanfaatannya jangan terlalu berlebihan dikarenakan sampai sekarang belum  ditemukan efek sampingnya serta harus diperhatikan karena sifat lidah buaya hampir sama dengan sifat buah apel yang cepat terkontaminasi dengan udara.

DAFTAR PUSTAKA




3 komentar:

  1. permisi, saya izin mengkopi data ini untuk tugas karya ilmiah saya ya. terima kasih sebelumnya :))

    BalasHapus
  2. ijin kopas yea...
    makasih :D

    BalasHapus
  3. izin copas yah

    makasih

    muhammadiqmalar.blogspot.com

    BalasHapus